4 Tips Memilih Kasur Yang Sehat Dan Tepat

Berbagai artikel kesehatan banyak yang membicarakan bahwa tidur yang berkualitas sangat menunjang kesehatan. Tak dapat dipunkiri bahwa tidur yang berkualitas juga berkaitan dengan tempat tidur yang nyaman. Meskipun ada juga orang yang bisa tidur di sembarang tempat, namun mayoritas orang akan bisa tidur nyenyak jika tempat tidurnya pun enak. Nah, kali ini ada tips memilih kasur yang sehat dan tepat dengan kebutuhan.

Tips Memilih Kasur Yang Dapat Menunjang Kesehatan Dan Sesuai Kebutuhan

Kasur yang baik tentu yang nyaman digunakan. Namun tidak semua orang bisa memilih kasur yang tepat. Coba terapkan 4 tips memilih kasur yang sehat dan tepat berikut ini.

  • Kenali Jenisnya dan Sesuaikan Dengan Kebutuhan Anda

Sebelum memutuskan untuk beli kasur tertentu Anda sebaiknya mengerti jenis-jenis kasur yang beredar di pasaran. Nah, secara umum kasur yang banyak beredar adalah jenis spring bed, memory, dan kasur lateks.

Kasur jenis spring bed adalah kasur yang dibekali pegas baja yang kokoh dan dilapisi busa yang tebal sebagai bantalan. Kasur jenis ini sangat baik untuk menjaga kenyamanan tulang punggung.

Kasur jenis memory adalah kasur yang terbuat dari bahan berkontur sehingga mengikuti bentuk tubuh penggunanya. Kasur jenis ini sangat baik untuk memperbaiki postur tubuh Anda, dan juga bermanfaat menghilangkan rasa sakit. Kekurangannya, kasur memory biasanya lebih panas dari kasur jenis lainnya. Sehingga jika Anda di daerah yang bersuhu panas, kasur jenis ini tidak nyaman.

Kasur jenis lateks terbuat dari bahan sintetis, memiliki bentuk lebih kukuh namun lebih kasar dari kasur jenis lain. Harga kasur lateks lebih mahal, namun menjanjikan kenyamanan ekstra. Kasur lateks juga dianjurkan bagi Anda yang menderita sakit punggung.

  • Cobalah Untuk Mengetahui Kenyamanan Kasur Pilihan Anda

Mengutip dari laman WebMD, seorang pakar tidur bernama Michael Breus, PhD. menyarankan agar ketika Anda membeli kasur, hendaknya mencoba berbaring sekitar 10 hingga 15 menit dalam posisi yang biasa Anda lakukan di rumah. Hal ini sangat penting dan harusnya penjual kasur memberi kewenangan pembeli untuk mencoba kasur pilihannya.

  • Pilih Kasur Yang Pas Dengan Ukuran Kamar

Tips memilih kasur selanjutnya terkait tata ruang kamar Anda nantinya. Pastikan sebelum membeli kasur Anda telah memastikan seberapa luas bagian kamar yang akan ditempati kasur. Jadi Anda bisa memilih kasur yang tepat untuk ukuran kamar Anda.

Untuk Anda yang sudah tinggal di rumah sendiri dan memiliki ruangan kamar yang luas, tak mengapa jika memilih kasur ukuran King Size misalnya. Namun kalau masih tinggal di kontrakan, atau ukuran kamar dalam rumah Anda terbatas, tentu harus memilih kasur yang minimalis. Sudah banyak desain tempat tidur minimalis terbaru yang cocok untuk kamar ukuran pas-pasan.

Pilihan lain bagi Anda yang kamarnya tidak luas tetapi ingin tempat tidur yang agak besar adalah dengan memilih tempat tidur model storage bed alias tempat tidur dengan ruang penyimpanan. Tempat tidur jenis ini memanfaatkan ruang kosong di bawah kasur untuk membuat laci-laci penyimpanan yang efisien.

  • Pilih Yang Harganya Sebanding Dengan Kualitas

Ada harga ada kualitas kata kebanyakan orang. Memang, dalam memilih kasur pun Anda harus mendapat harga yang sebanding dengan kualitasnya. Yang berkualitas baik biasanya agak mahal, namun tidak menutup kemungkinan agak miring karena sedang harga promo. Sebaliknya, yang kualitas rendahan atau biasa-biasa saja, bisa juga mahal karena Anda terkecoh harga yang dibandrol pedagangnya. Jadi biasakan cari perbandingan atau cari informasi terlebih dahulu seputar harga.

Dengan menerapkan 4 tips memilih kasur yang sehat dan tepat tersebut, semoga saja pilihan Anda tidak meleset, sehingga uang pun bisa tepat sasaran. Cobalah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *