Cara Mengetahui Tahun Produksi Jam Tangan Pria Seiko

Setiap jam tangan dilengkapi dengan nomer seri. Hal ini juga berlaku untuk jam tangan pria Seiko. Nomor seri pada jam tangan biasanya terletak dibagian belakang jam tangan. Nomor seri ini berfungsi untuk mengetahui tanggal dan tahun produksi jam tangan tersebut sehingga saat membelinya, kita akan mengetahui rentang waktunya.

Jika Anda ingin mengetahui kapan jam tangan dari brand Seiko dibuat, maka silahkan menyimak ulasan dibawah ini.

Nomor Seri Pada Jam Tangan Pria Seiko

Setiap tipe jam tangan pria Seiko diproduksi dengan nomor seri yang berbeda. Hal ini dapat dilihat pada jumlah dan penggunaan angka atau hurufnya. Jam tangan yang diproduksi sekitar tahun 60 an memakai nomor seri yang berjumlah 7 digit. Sedangkan jam tangan modern yang diproduksi setelah tahun 60 an menggunakan nomor seri berjumlah 6 digit.

Jam tangan pria Seiko modern memiliki nomor seri dua jenis. Jenis tersebut adalah jam tangan dengan nomor seri angka saja dan campuran huruf. Nomor seri tersebut dicetak dengan dua jenis. Ada yang dicetak timbul atau diukir pada case jam tangan namun ada pula yang ditempel seperti stiker. Nomor seri yang dicetak timbul tentunya tidak mudah hilang dibanding yang hanya ditempel saja.

Nomor seri yang berbeda juga dicetak pada jam tangan modern dengan model khusus. Biasanya untuk jam tangan dengan edisi yang terbatas. Sebenarnya lebih tepatnya nomor tersebut dinamakan kode produksi.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki jam tangan pria Seiko dengan tulisan 150/300. Maka arti dari kode produksi tersebut adalah jam tangan diproduksi yang ke 150 dari 300 buah produk.

Cara Membaca Nomor Seri Jam Tangan Pria Seiko

Sebenarnya cara membaca nomor seri pada jam tangan pria Seiko cukup mudah. Misalnya produk jam tangan yang memakai nomor seri 7 angka saja seperti 7864264. Angka pertama pada nomor seri ini menunjukkan tahun, sedangkan angka kedua menunjukkan bulan. Jadi berarti jam tangan dengan nomor seri tersebut dibuat pada bulan Agustus tahun 1967.

Contoh lain, misalnya jam tangan tersebut memiliki nomor seri dengan campuran huruf. Jika angka pertama tertera angka 3, maka jam tersebut diproduksi pada tahun 2003. Kemudian pada digit kedua tertera huruf O, berarti diproduksi pada bulan Oktober.

Perlu diingat bahwa, penggunaan huruf ini hanya berlaku untuk bulan 10, 11 dan 12. Hal ini dikarenakan orang bisa kebingungan jika menggunakan dua angka untuk menunjukkan bulan.

Kita juga perlu mengetahui tipe-tipe jam tangan pria Seiko Hal ini untuk menghindari cara membaca nomor seri yang salah. Kadang angka 9 bisa dikira tahun 1989 atau 1999. Sehingga kita bisa mengetahui tahun produksi dengan benar sesuai dengan tipe jam yang diproduksi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *