Pindah ke Rumah Baru? Persiapkan Hal Ini!

Setiap orang tentu menginginkan tinggal di rumah yang nyaman. Tentu saja, jika tinggal di rumah yang tidak sehat, tidak aman, berantakan, dan terjadi kebocoran di mana-mana maka rumah tersebut akan jadi tidak nyaman. Karenanya, banyak sekali orang yang memilih untuk pindah ke rumah yang baru jika mengalami beberapa hal yang tidak menyenangkan itu di rumahnya. Bisa saja hal ini dikarenakan biaya yang dikeluarkan untuk renovasi lebih besar jika dibandingkan untuk pindah ke rumah yang baru. Nah, sebelum pindah rumah, tentu akan dilakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Sayangnya, banyak sekali keluarga pada saat pindah rumah masih belum tahu apa saja yang harus dipersiapkan. Jika Anda akan segera pindah rumah, maka Anda perlu membaca beberapa tips yang dapat membantu Anda sebelum pindah rumah di bawah ini.

Kemas dalam Kardus

Hal yang pasti dalam pindah rumah adalah mengemas barang-barang yang ada di dalam rumah. Mulailah mengemas barang dari yang jarang Anda gunakan terlebih dahulu. Hal ini membuat Anda tidak merasa terganggu dengan tidak adanya barang-barang tersebut dari jangkauan Anda. Barang-barang tersebut misalnya barang-barang di gudang, dan buku-buku yang jarang dibaca. Kemaslah dalam kardus baru yang berukuran besar untuk menghindari debu. Semakin mendekati hari-H, barulah Anda mulai mengemas barang-barang yang digunakan sehari-hari. Namun, penting juga untuk menyiapkan satu kardus yang berisi peralatan dan perlengkapan yang bisa dibuka pada saat hari pertama Anda tiba di rumah baru. Contohnya adalah handuk, peralatan mandi, bahan makanan, dan peralatan makan.

Buang yang Tidak Perlu

Dalam mengemas barang-barang, mungkin saja Anda menemukan beberapa barang yang kondisinya sudah hampir rusak. Untuk benda-benda yang seperti itu, bisa Anda jual atau berikan kepada tetangga yang tinggal di sekitar rumah Anda. Hal ini dilakukan agar tidak banyak barang yang dibawa, apalagi yang kondisinya sudah hampir rusak. Jangan sampai ketika nanti sudah tiba di rumah yang baru, barang tersebut berakhir di tempat sampah. Jadi, lebih baik Anda tinggalkan barang-barang yang sudah dirasa tidak perlu lagi.

Tentukan Transportasi

Hal ini perlu Anda persiapkan dari jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru dipersiapkan menjelang hari H pindah rumah. Karena, terkadang sulit untuk mendapatkan kendaraan yang diinginkan, apalagi jika barang-barang di rumah Anda termasuk banyak dan furniturnya berukuran besar-besar. Akan jadi sangat efektif apabila menggunakan kendaraan berukuran besar agar bisa menghemat waktu karena tidak perlu berkali-kali membawa barang. Jika Anda tidak mau repot mengenai hal tersebut, lebih baik gunakan jasa pindah rumah. Terutama, untuk Anda yang tinggal di daerah Bandung dan sekitarnya, Anda bisa menggunakan Jasa pindahan Bandung yang satu ini.

Kabari Teman dan Saudara

Sebelum pindah rumah, Anda juga perlu memberi tahu kabar mengenai hal tersebut ke orang-orang terdekat Anda. Mulai dari ketua RT setempat untuk keperluan administrasi, tetangga terdekat, teman, dan juga keluarga Anda. Namun, Anda juga perlu memilah-milah kepada siapa saja yang perlu Anda beri tahu alamat baru Anda karena berkaitan dengan privasi. Setidaknya, Anda memberikan kabar bahwa hunian Anda sudah berganti tempat. Sama juga halnya dengan pergantian alamat surat-menyurat dari beberapa pihak, seperti bank atau kantor. Jangan sampai surat penting yang ditujukan kepada Anda masih sampai ke alamat yang lama. Segara lakukan perubahan ini beberapa hari sebelum hari pindah rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *