Seluk Beluk Mengenai Fintech Aplikasi Pendanaan UMKM !

Sudah tahu mengenai FinTech? FinTech merupakan singkatan dari financial technology. Financial Technology muncul karena adanya teknologi yang semakin berkembang setiap tahunnya. Sehingga dengan adanya FinTech bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada. 

Belum lagi mengenai pinjaman, FinTech merupakan salah satu wadah untuk melakukan pinjaman yang dilakukan oleh pemberi peminjam kepada orang yang ingin meminjam uang. FinTech bisa dilakukan jika terdapat saksi yang melihat kedua belah pihak melakukan FinTech tersebut. Mau tahu seperti apa? Lihat artikel di bawah ini, ya!

 

  • Financial technology

 

Financial technology atau yang lebih sering disebut dengan fintech. Financial technology memberikanmu kemudahan untuk melakukan pinjaman, apalagi untuk kamu yang sibuk sekali. Sehingga sulit untuk menyisihkan waktunya, maka kamu bisa menggunakan financial technology ini. 

Walaupun melalui daring tetapi dijamin keamanannya, sehingga tidak akan ada yang mengalami kerugian baik pihak pemberi pinjaman maupun peminjam. Untuk menghindari kerugian maka penting sekali ada saksi jika ingin melakukan pinjaman. Hal ini dikarenakan agar ada bukti yang kuat kalau kedua belah pihak memang melakukan pinjaman satu sama lain.

 

  • Peer to peer

 

Jika sebelumnya kamu sudah mengenal financial technology, kini kamu harus mengetahui seperti apa peer to peer. P2P merupakan singkatan dari peer to peer lending. Peer to peer ini termasuk ke dalam wadah pemberi pinjaman yang memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan seperti orang yang membutuhkan modal usaha dan yang lainnya. 

Apalagi peer to peer ini bisa membantu masyarakat yang kurang mampu, tetapi dengan syarat bisa melunaskan pinjaman sesuai dengan tenor yang telah ditentukan. Biasanya peer to peer lending akan memberikan berapa jangka waktu yang dibutuhkan untuk melunaskan pinjaman yang diberikan. Misalnya pinjaman 500 ribu rupiah dengan tenor selama 15 hari. 

 

  • Aplikasi yang memberikan dana

 

Sudah tahu mengenai aplikasinya? Jika kamu belum mengetahui apa saja aplikasi pendanaan umkm, maka penting sekali bagi kamu untuk mengetahuinya. Terlebih lagi jika kamu saat ini sangat membutuhkan modal untuk usaha mikro. Bukan menjadi hal yang tidak mungkin, kamu bisa menggunakan aplikasinya!

  • CIS SMESCO

CIS SMESCO merupakan kepanjangan dari Center For Integrated Service Of Smesco. Ada berbagai layanan yang bisa didapatkan seperti melakukan konsultasi bisnis, mentor bisnis, melakukan promosi dan pemasaran dan yang lainnya. CIS SMESCO juga bisa membantu orang yang membutuhkan modal. 

  • Sleekr

Walaupun masih termasuk ke dalam bidang umkm, tetapi aplikasi Sleekr ini merupakan aplikasi pajak secara digital. Kalau sebelumnya sudah ada fintech, aplikasi ini tidak kalah keren karena memiliki kerjasama dengan Dirjen Pajak. Sehingga bisa memudahkan kamu untuk membayar pajak tepat waktu. 

Selain itu, pengguna juga bisa melakukan transaksi keuangan ke berbagai pihak. Nantinya aplikasi Sleekr ini yang akan mencatat apa saja transaksi keuangan yang dilakukan oleh siapa dan dikirim ke mana. Dengan adanya transaksi tersebut bisa dijadikan sebagai bukti bahwa benar ada yang melakukan transaksi.

  • Amartha.com

Sudah mengenal Amartha? Nah, aplikasi Amartha ini bisa dijadikan wadah umkm layaknya p2p atau peer to peer lending. Biasanya Amartha memang menyajikan berbagai macam jasa sampai dengan pembelian tiket. Sehingga aplikasi ini sangat dianjurkan sekali untuk kamu gunakan. Terutama bagi para pengusaha yang memiliki bisnis di berupa jasa dan produk. 

Sekian artikel ini mengenai fintech, P2P, aplikasi pendanaan umkm. Saya harap artikel ini bisa membantu para peminjam yang membutuhkan uang. Semoga beruntung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *