Terancam Tak Bisa Internetan, Pengguna iPhone 5 Harap Segera Update Software Sebelum 3 November

Para pengguna ponsel lawas Apple iPhone 5 diharap segera update software sebelum 3 November, terancam tak bisa internetan. Apple menyarankan para pengguna iPhone 5 memperbarui (meng update) sistem operasi (OS) iOS mereka ke versi 10.3.4 sebelum 3 November mendatang. Dilansir dari TeknoKompas, disebabkan pada tanggal 3 November tersebut, sistem GPS dan sistem yang berfungsi untuk mendeteksi waktu pada iPhone 5 bakal diperbarui oleh Apple.

Dengan kata lain, jika pengguna tidak memperbarui iPhone 5 mereka sebelum tenggat waktu yang ditentukan, maka aplikasi yang mengandalkan sistem GPS dan waktu tidak bisa digunakan lagi. "iPhone 5 akan membutuhkan pembaruan iOS untuk mempertahankan sistem GPS yang akurat beserta fungsi tanggal dan waktu, agar tetap bisa menggunakan App Store, iCloud, e mail, dan peramban web," kata pihak Apple di blog resminya. Bagi pengguna yang belum meng update iPhone 5 mereka ke versi iOS 10.3.4 setelah 3 November, maka mereka harus melakukan update iOS mereka secara manual lewat Mac atau PC.

Sebab, pada saat bersamaan, pembaruan langsung via ponsel (over the air) dan layanan backup via iCloud juga disebut sudah tidak bisa digunakan lagi di seri iPhone 5. Kendati begitu, masih belum jelas apakah pembaruan ini juga berlaku pada iPhone 5 model lain, seperti iPhone 5S dan iPhone 5C, atau tidak. Namun, tidak ada salahnya memperbarui iOS pada iPhone ke versi terbaru.

Nah, bagi pengguna yang ingin sekadar mengecek versi iOS, mereka bisa mengakses menu Software Version yang bisa diakses melalui menu Settings > About. Jika iOS iPhone 5 mereka belum tercatat di versi 10.3.4, maka mereka bisa kembali ke menu Settings, lalu ke menu General, dan kemudian meng klik menu Software Update. Masih belum ada uang untuk ponsel Apple terbaru iPhone 11, 11 Pro, atau 11 Pro Max?

Coba uangnya ditabung dulu untuk ponsel dari Apple terbaru di tahun depan. Banyak rumoryang sudah beredar untuk konsep, gambar, bahkan fitur terbaru dari ponsel iPhone 12selanjutnya yang bakal rilis 2020 mendatang. Apple pantas mendapatkan ujian karena gadget yang mengesankan dari jajaran iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Banyak yang memuji ketiga ponsel ini dan bahkan dikabrakan jauh lebih baik daripada iPhone XS sebelumnya. Dilansir dari Forbes, bulan lalu, bocorab dari Bloomberg mengungkapkan bahwa Apple bakal mengembalikan Touch ID kembali pada iPhone 2020 atau iPhone 12. Sudah beredar bocoran paten terbaru dari Apple yang menggambarkan fitur Touch ID dan beberapa kamera tambahan di bagian selfie.

Apple menggambarkan dalam paten tersebut teknologisensor Touch ID generasi berikutnya di bawah layar. Tidak seperti sensor sidik jari di bawah layar di Samsung atau dari ponsel Tiongkok lain area sensor dari Touch ID terbaru akan mengisi sebagian besar tampilan layar. Teknologi Touch ID terbaru dari Apple dikabarkan bakal bisa membaca gesekan/usapan tangan.

Apple sebenarnya sudah memiliki FaceID, dan kabarnya bakal diselaraskan dengan Touch ID sehingga Apple dapat membangun otentikasi biometrik ganda ke dalam iPhone 12 / iPhone 2020 terbaru. Alhasil Apple iPhone 12 atau iPhone 2020 adalah smartphone yang paling aman yang pernah dibuat. Meski belum resmi, bocoran bocaran ini bermula pada lima paten Touch ID dalam layar dari Apple yang beredar sejak Desember dan kini beredar satu lagi paten Apple keenam.

Apple juga telah memberikan alasan mengapa membutuhkan keamanan tambahan dan bisa mengubah sistem kemanan dan diduga ponsel iPhone terbaru nanti bisa menjadipaspor yang di akui di seluruh dunia. Integrasi biometrik ganda akan memungkinkan perusahaan melakukan hal ini. Juga dari Forbes, orang dalam Apple, Ming Chi Kuo, telah mengkonfirmasi Apple akan membawa "desain bentuk ponsel yang semuanya baru" di iPhone 2020.

Serta model 5G di ponsel ponsel iPhone mendatang. Juga beredar fitur terbaru kamera 3D jarak jauh, ukuran layar baru, layar ProMotion 120Hz dan USB C. Bagaimana tertarik untuk Apple iPhone 12 / iPhone 2020 ini?

Dan direkomendasikan bagi para pengguna Apple untuk menabung terlebih dahulu, atau mungkin Anda adalah sultan? Update terbaru iOS 13.1.1, masalah bug dan masalah jailbrean, juga paten baru dari Apple. Apple telah merilis update terbaru iOS 13.1.1 untuk semua model iPhone dan iPod touch yang kompatibel dan iPadOS 13.1.1.

Juga untuk semua model iPad yang didukung. Versi iOS dan iPadOS terbaru datang hanya beberapa hari setelah perusahaan Apple membawa iOS 13.1 dan iterasi pertama iPadOS. Melalui iOS 13.1.1 dan iPadOS 13.1.1, Apple pada dasarnya telah memperbaiki bug yang memungkinkan keyboard pihak ketiga untuk mendapatkan "akses penuh" tanpa memerlukan izin pengguna apa pun.

Ada juga berbagai perbaikan bug dan peningkatan kinerja lainnya. Namun seorang pengembang telah berbagi exploit terbaru yang tampaknya ada di iOS 13.1.1 dan membawa kemungkinan untuk melakukan jailbreak pada model iPhone berdasarkan hingga A11 Bionic SoC. Sesuai changelog resmi, iOS 13.1.1 membahas masalah yang dapat mencegah iPhone memulihkan dari cadangan.

Pembaruan juga memperbaiki masalah yang menguras baterai serta menyelesaikan masalah di mana saran Safari diaktifkan kembali bahkan setelah dimatikan. Khususnya pada iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max, versi iOS baru memperbaiki masalah yang dapat memengaruhi pengenalan permintaan Siri. Pembaruan juga meningkatkan Pengingat (Reminder) dengan mengatasi masalah yang bisa menyebabkan sinkronisasi yang lambat.

Changelog dari iPadOS 13.1.1 juga menyebutkan dimasukkannya berbagai perbaikan bug dan peningkatan kinerja untuk iPad mirip dengan bagaimana iOS 13.1.1 meningkatkan pengalaman pada model iPhone. Namun, perubahan besar yang dibawa kedua pembaruan baru adalah perbaikan untuk masalah keamanan yang muncul melalui iOS 13 dan versi pertama iPadOS. Dengan ini memungkinkan aplikasi keyboard pihak ketiga untuk mendapatkan akses penuh.

"Apple telah menemukan bug di iOS 13 dan iPadOS yang dapat mengakibatkan ekstensi keyboard diberikan akses penuh bahkan jika Anda belum menyetujui akses ini," kata perusahaan itu dalam sebuah penasehat yang dirilis minggu lalu. Anda dapat membaca tentang konten keamanan iOS 13.1.1 dan iPadOS 13.1.1 dengan mengunjungi halaman dukungan Apple. Meskipun Apple telah berusaha untuk mengatasi semua bug yang menonjol melalui iOS 13.1.1, seorang pengembang yang menggunakan nama samaran axi0mX telah menyarankan adanya eksploit yang disebut "checkm8" dalam versi perangkat lunak terbaru.

Eksploitasi membawa kemungkinan jailbreaking semua model iPhone yang memiliki hingga A11 Bionic SoC. Pengembang memposting video di Twitter yang menampilkan booting iPhone X dalam mode verbose. "Mulai dalam Mode DFU, butuh 2 detik untuk melakukan jailbreak dengan checkm8, dan kemudian saya membuatnya secara otomatis boot dari NAND dengan patch untuk boot verbose. IOS 13.1.1 terbaru, dan tidak perlu mengunggah gambar apa pun," jelas pengembang.

Apple dapat merilis versi iOS baru dalam beberapa hari mendatang untuk menambal eksploit jailbreak. Sementara itu, kami menyarankan Anda untuk mengunduh pembaruan terbaru jika Anda berada di antara pengguna yang menginstal iOS 13 dan iOS 13.1 sebelumnya. Untuk mengunduh pembaruan iOS 13.1.1 atau iPadOS 13.1.1 di iPhone atau iPad Anda, buka Pengaturan> Umum> Pembaruan Perangkat Lunak.

Pastikan perangkat Anda memiliki jumlah baterai yang cukup dan terhubung ke data berkecepatan tinggi atau koneksi Wi Fi. Selain itu, pembaruan dirancang untuk perangkat yang kompatibel dengan iOS 13 dan iPadOS. Menurut paten baru, iPhone masa depan pada akhirnya akan mendapatkan semacam lampu notifikasi LED, yang juga akan berlipat ganda sebagai logo Apple.

Paten ini menuliskan tentang bahan lapisan transparan di belakang smartphone dari Apple ini dengan dekorasi yang disesuaikan tumpang tindih oleh lapisan transparan yang mengubah tampilan cahaya yang keluar dari logo. Ada juga sirkuit kontrol yang dapat menyesuaikan tampilan sebagai respons terhadap peristiwa seperti panggilan atau pemberitahuan yang terlewat. Dirumorkan iPhone terbaru di masa depan bisa datang dengan logo Apple yang menyala dengan LED, lapor GSMArena dan Digital Trends.

Sangat menarik untuk melihat fitur ini dihidupkan kembali setelah dihapus dari MacBook. Tentu saja, perlu diingat bahwa ini hanya paten dan tidak ada jaminan bahwa itu akan sampai ke iPhone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *