Tips Melunasi Hutang Pinjaman di Bank Tanpa Menunggak

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil pinjaman di bank, maka Anda terikat perjanjian untuk melunasinya dalam jangka waktu tertentu. Meski pinjaman yang Anda ambil adalah jenis pinjaman bunga rendah, bukan berarti Anda bisa santai saja dalam membayar cicilannya. Anda harus menerapkan strategi untuk melunasinya. Seperti apa strateginya?

  1. Buatlah Daftar Tagihan

Hal pertama yang harus Anda lakukan bila mau melunasi utang tanpa menunggak adalah membuat daftar tagihan terlebih dulu. Buatlah daftar berapa banyak jumlah utang yang Anda miliki seperti utang kartu kredit, kredit mobil, motor hingga KPR.

Buat tagihannya dari yang jumlah dan bunga paling tinggi. Jika sudah, Anda bisa memfokuskan pada daftar tersebut agar proses pelunasan utang Anda bisa terorganisir dengan baik.

  1. Prioritaskan Utang dengan Bunga Tinggi

Setelah Anda membuat daftar dan fokus untuk mengorganisir utang tersebut, ada baiknya Anda memprioritaskan utang dengan bunga tinggi lebih dulu. Utang dengan bunga yang tinggi adalah utang yang memiliki risiko paling besar jika dibiarkan dalam waktu yang lama. Oleh sebab itu, melunasi utang dengan bunga tinggi ini adalah keharusan.

  1. Evaluasi Pendapatan dan Pengeluaran

Selain utang, Anda juga harus merinci pendapatan dan pengeluaran Anda dalam satu bulan. Anda bisa menuliskan berapa banyak pendapatan yang Anda dapatkan dalam bulan tersebut dan semua biaya yang Anda keluarkan dalam jangka waktu yang sama. Setelah itu, cobalah evaluasi kembali pengeluaran tersebut dari yang paling besar hingga yang paling kecil.

Sebagai contoh, untuk biaya belanja bulanan, rekreasi hingga memenuhi gaya hidup. Setelah Anda merinci semua pengeluaran Anda, nantinya akan didapat berapa jumlah sisa uang yang Anda miliki untuk melunasi utang yang dimiliki. Jika sudah melakukan evaluasi, maka Anda bisa mengetahui pos mana yang menghabiskan paling banyak uang.

Saat melakukan evaluasi ini, bisa saja nantinya Anda akan kaget karena melihat satu atau beberapa kebutuhan yang sebenarnya tak terlalu penting tapi malah memakan porsi biaya yang sangat besar. Nah, kalau Anda menemukan hal ini, tak ada salahnya untuk mengurangi atau menghilangkannya dalam daftar Anda bulan depan.

  1. Buat Strategi Anggaran dan Pembayaran

Setelah Anda mengetahui berapa pendapatan dan pengeluaran Anda dalam sebulan, maka selanjutnya Anda bisa membuat anggaran untuk membayar utang setiap bulan. Misalnya Anda menghabiskan biaya hidup 1,5 juta per bulan dengan gaji 2 juta per bulan, maka 500 ribunya bisa Anda bayarkan ke cicilan.

  1. Jangan Pernah Menunda Pembayaran

Ketika dana Anda sudah tersedia untuk dipergunakan melunasi utang, maka ada baiknya Anda tidak menunda pembayaran. Segeralah lakukan pelunasan saat itu juga. Menunda pembayaran hanya akan mengakibatkan hal fatal pada anggaran yang Anda miliki. Pasalnya, Anda bisa saja tergoda untuk membeli sesuatu menggunakan anggaran tersebut.

  1. Cari Pekerjaan Tambahan

Tak ada salahnya Anda mencoba mencari pekerjaan tambahan agar mendapatkan masukan. Jika waktu yang Anda miliki masih tersisa banyak dalam satu minggu, manfaatkan saja. Hasil yang Anda dapat dari kerja tambahan ini cukup membantu untuk membayar cicilan utang. Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda seperti memasak, menulis, desain dan lainnya.

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa melunasi utang dengan cepat. Hal yang paling penting, Anda tak boleh menunda-nunda dalam melunasinya. Tapi, kalau Anda butuh pinjaman bunga rendah yang tak mencekik, Anda bisa coba ajukan pinjaman di HSBC bank saja dan dapatkan pinjaman dengan jumlah yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *